22/01/2020 Fisika adalah ilmu penting, yang membuka ilmu pengetahuan di dunia – Prodi Pendidikan Fisika
Fisika merupakan ilmu dasar bagi perkembangan ilmu-ilmu lainnya. Berkat fisika, penemuan-penemuan baru dan teknologi terapan juga berpengaruh dan layak dipelajari di pendidikan tinggi. Dengan kata lain, fisika merupakan katalis bagi perkembangan teknologi dan industri di beberapa belahan dunia.
Ilmu pengetahuan dan teknologi telah memberikan kontribusi penting dalam berbagai isu yang berkaitan dengan penelitian dan pendidikan di era revolusi industri 4.0. Hal ini juga menjadikan keberadaan fisika sebagai salah satu ilmu yang cukup membantu mendukung kemajuan teknologi dalam skala nasional dan internasional.
Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA melalui program gelar pendidikan fisika yang berada di bawah naungan Fakultas Diklat – FKIP bercita-cita mampu mencetak calon guru atau pendidik yang lebih tinggi, serta berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang fisika bagi bangsa. . Program Penelitian Pendidikan Fisika FKIP UHAMKA memiliki visi bahwa pada tahun 2021 menjadi program penelitian pendidikan fisika unggulan nasional yang islami yang berasosiasi dengan kecerdasan mental, intelektual, emosional dan sosial di bidang pendidikan dan pembelajaran. Fisika.
Program Penelitian Pendidikan Fisika FKIPUHAMKA juga memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan pendidikan fisika Islam yang saleh (calon guru) yang bermanfaat secara mental, spiritual, dan spiritual. , emosional dan sosial, serta menghasilkan lulusan pendidikan fisika yang terampil dalam penciptaan dan pelaksanaan desain, strategi, metode, model pembelajaran, dan penilaian pembelajaran fisika, serta mengembangkan dan menerapkan keterampilan selain sebagai guru fisika, termasuk sebagai peneliti di bidang fisika.
Mewakili kemajuan revolusi industri yang didorong oleh penemuan-penemuan di bidang fisika, program pendidikan fisika FKIP UHAMKA menyiapkan berbagai proses pembelajaran yang mendukung bagi siswa, salah satunya adalah sistem pembelajaran berbasis STEM. Sistem pembelajaran berbasis STEM adalah suatu pendekatan (approach) yang digunakan dengan mengintegrasikan sains, teknologi, teknik, dan matematika ke dalam proses pembelajaran.
Dalam sistem pembelajaran berbasis STEM, fisika mewakili ilmu yang dipelajari. Mahasiswa program pendidikan fisika FKIP UHAMKA memiliki kebebasan untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuannya dengan mengenali suatu konsep atau pengetahuan dalam suatu kasus. Seperti dalam pembelajaran fisika, STEM membantu siswa menggunakan teknologi dan menyusun eksperimen yang dapat membuktikan hukum dan konsep ilmiah dengan menggabungkan pengetahuan kognitif dan psikologis.
Tujuan penggunaan sistem pembelajaran berbasis STEM adalah untuk dapat mempersiapkan lulusan pendidikan fisika FKIP UHAMKA secara kompetitif dan siap kerja di bidang fisika. Selain itu, dalam hal program pendidikan fisika, FKIP UHAMKA menyediakan wadah kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan fisika bagi seluruh mahasiswa. Hal ini tercermin dari keterampilan siswa pendidikan fisika yang mampu mengembangkan aplikasi komputer.
Dengan demikian, terwujudnya kurikulum pendidikan fisika FKIP UHAMKA dengan menghasilkan lulusan perguruan tinggi yang unggul telah mendapat kepercayaan pemerintah untuk melaksanakan Program Profesi Guru (PPG) bidang fisika dengan kompetisi terbaik, disertai dengan pembinaan atau perwujudan keimanan. dan cita-cita hidup dari Muhammadiyah menuju kehidupan Islami yang menjadi pedoman warga Muhammadiyah sebagai tolak ukur sikap dan perilaku yang dilandasi pemikiran terbuka, kritis, inovatif dan percaya diri.
Informasi lebih lengkap mengenai Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UHAMKA bisa mengunjungi website FKIP UHAMKA https://fkip.uhamka.ac.id/ atau bisa mengunjungi lansung ke UHAMKA Jl. Tanah Merdeka No. 20, RT.11/RW.2, Rambutan, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13830 Telp. : +62(021) 7394451 Email : info@uhamka.ac.id.

Comments
Post a Comment